Jumat, 08 Oktober 2010

MENJAJAL "HOME SCHOOLING"






- Judul Buku: Secangkir Kopi, Obrolan Seputar Home Schooling
- Penulis: Loy Kho
- Penerbit: Kanisius
- Cetakan: 2008
- Tebal: 262 Halaman

Meski baru dilegalkan Pemerintah Indonesia Mei 2007, home schooling atau pendidikan berbasis rumah sudah begitu populer, terutama sejak pola ini diterapkan oleh sejumlah artis kepada anak-anak mereka. Lewat model pendidikan ini, anak-anak tak perlu datang ke sekolah karena mereka bisa belajar sendiri di rumah dengan peran aktif orangtua. Home schooling juga bukan berarti memindahkan sekolah ke rumah, melainkan proses keluarga dalam mengarungi kehidupan. Setiap anggota keluarga bertindak sebagai siswa sekaligus guru.
Sebagai suatu model pendidikan yang relatif baru, dalam mengimplementasikan home schooling masih banyak masalah yang harus dipecahkan, terutama hal-hal bersifat teknis, seperti tentang penentuan kurikulum, ujian nasional, penjaminan mutu, dan sebagainya. Meski begitu, home schooling menjadi model pendidikan yang layak dicoba. Beberapa hasil studi menunjukkan, dibandingkan dengan mereka yang mengikuti pendidikan di sekolah umum, peserta didik home schooling memiliki prestasi akademik, sosial, dan emosional yang lebih baik.
Obrolan Seputar Home Schooling menyuguhkan cerita sebuah keluarga di Amerika Serikat yang menerapkan home schooling bagi ketiga anaknya. Dengan gaya bahasa bertutur, buku ini lebih mudah dipahami karena pembaca bisa membayangkan situasi yang dihadapi keluarga ini saat menerapkan home schooling.
Lewat buku ini, si penulis yang sekaligus menjadi pelaku bercerita soal kesulitannya pada tahap-tahap awal karena terjebak dalam materi-materi text book seperti di sekolah. Berkat dorongan dari teman-teman, ia pun mengerti bahwa pendidikan bukan sekadar text book tetapi pembangunan karakter si anak. Kesulitan lain adalah konsistensi menjalankan jadwal belajar karena si anak terlena dengan permainan, sementara orangtua dengan aktivitas rumah tangga.
Meski menghadapi sejumlah kendala, home schooling berhasil menciptakan anak-anak tangguh dengan jiwa yang lebih matang. Hal itu tidak saja dialami keluarga penulis, melainkan juga keluarga para sahabatnya.
Untuk memudahkan para pemula yang ingin menjajal home schooling, buku ini juga memberikan informasi seputar kurikulum, yakni kurikulum tradisional atau buku teks, kurikulum Charlotte Mason atau seni mendidik anak dengan lembut, dan kurikulum studi unit, yakni penekanan mata pelajaran tertentu secara lebih mendalam.

Sumber:
Naskah: Kompas, 23 April 2008
Ilustrasi: krismariana.wordpress.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar