Jumat, 08 Oktober 2010

TINTA EMAS DI KANVAS DUNIA





Penulis : Pitan Daslani
Penerbit : Penerbit Buku Kompas
Cetakan : II, Maret 2010
Tebal : xxii + 226 halaman
ISBN : 978-979-709-466-9

Menjadi hebat tak harus pintar dengan kemampuan akademis luar biasa. Begitu pun menjadi dokter hebat dan bereputasi dunia. Dokter Eka Julianta Wahjoepramono membuktikan semua itu. Kerja keras, pantang menyerah, dan percaya diri menjadi senjata gabungan hingga ia dikenal sebagai ahli bedah syaraf bereputasi internasional. Ia dokter bedah syaraf pertama yang sukses membedah batang otak. Sukses besar itu dilakukan tanpa pengalaman sebelumnya.
Ia pun berkeliling dunia memaparkan keberhasilannya, termasuk di antaranya di Harvard Medical School. Ia sering duduk satu meja dengan para dokter bedah syaraf kelas dunia yang sebelumnya hanya ia kenal melalui buku atau diktat.
Semua mungkin karena kerja keras. Bagaimana tidak? Ia tumbuh di tengah keluarga sangat sederhana di sebuah desa di Klaten.  Berkat pakdenya yang kaya, tanpa anak, ia menapaki sukses sebagai dokter seperti sekarang.
Lika-likunya menembus sekolah kedokteran di Universitas Diponegoro Semarang penuh perjuangan. Ia melewati rintangan karena statusnya sebagai warga keturunan. Rintangan itu tak berhenti usai ia lulus kuliah. Namun, ia maju terus.

Sumber:
Naskah= Kompas, 9 Agustus 2010
Ilustrasi= kampusbook.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar