Jumat, 08 Oktober 2010

POTRET MANAJEMEN MEDIA DI INDONESIA




 
Penulis : Amir Effendi Siregar dkk (12 penulis)
Penerbit : Total Media
Cetakan : I, 2010
Tebal : xvi + 280
ISBN : 979-1519-54-4

Apa itu ilmu manajemen media? Apa bedanya dengan ilmu komunikasi? Pertanyaan itu mengiringi terbitnya buku ini. Dan buku ini menjawab pertanyaan itu dan pertanyaan lainnya.     
Prinsipnya, sebagai ilmu baru, manajemen media didefinisikan sebagai ilmu yang mempelajari bagaimana pengelolaan media berikut prinsip-prinsip dan seluruh proses manajemennya dilakukan. Media memiliki beberapa sisi: sifat komersial dan sosial. Bagaimana keseimbangan dijaga?
Mempelajari manajemen media sangat menarik. Manajemen media penuh ketidakpastian di tengah berbagai perubahan yang memengaruhinya. Di antaranya, perubahan regulasi, fluktuasi ekonomi, sistem permodalan, dan perkembangan teknologi, serta meningkatnya tuntutan dan kesadaran publik.
Sayangnya, sebagai ilmu, kajian tentang manajemen media tertinggal dibanding pengkajian lain, seperti studi jurnalistik, hubungan masyarakat, periklanan, dan penyiaran. Di Indonesia tak banyak literatur manajemen media berbahasa Indonesia. Buku ini menjadi salah satu pilihan.

Sumber:
Naskah: Kompas, 28 Juni 2010
Ilustrasi: bincangmedia.wordpress.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar