Jumat, 08 Oktober 2010

SEPUTAR PEMANASAN GLOBAL



 
- Judul Buku: Global Warming for Beginner
- Penulis: Dadang Rusbiantoro
- Penerbit: O2
- Cetakan: 2008
- Tebal: xii + 115 Halaman

Meningkatnya permintaan pasar dunia terhadap jagung dan kedelai ternyata tak hanya memicu kenaikan harga sejumlah kebutuhan pokok, seperti yang telah kita alami beberapa waktu terakhir. Ada dampak tersembunyi yang tidak kalah membahayakan bagi kita seiring dengan meningkatnya kebutuhan biji-bijian itu, yakni memperparah pengaruh pemanasan global.   
Sebagian hal tersebut diulas dalam buku berjudul Global Warming for Beginner, Pengantar Komprehensif tentang Pemanasan Global. Dalam buku ini, ditunjukkan bahwa pemanfaatan tanaman jagung dan kedelai sebagai biofuel alias energi alternatif pengganti bahan bakar minyak memerlukan lahan luas sehingga memicu deforestasi hutan.   
Penjelasan dengan gaya bahasa sederhana yang dilakukan penulis sejak awal menjadi kunci yang memudahkan kita untuk memahami proses global warming dan betapa seriusnya ancaman itu. Seiring dengan peningkatan suhu rata-rata bumi atau pemanasan global itu, malapetaka pun menghampiri kita. Iklim dan cuaca berubah, permukaan air laut meningkat, dan keseimbangan ekosistem akan terganggu akibat pemanasan global.   
Fenomena tersebut akhirnya juga merugikan manusia. Secara langsung, peningkatan suhu akan mengakibatkan wabah penyakit yang biasa ditemukan di daerah tropis meluas. Perubahan iklim dan kekacauan ekosistem juga akan bermuara pada pembuktian teori kondang Robert Malthus, yaitu manusia bertambah mengikuti deret ukur dan makanan bertambah mengikuti deret hitung. Persediaan makanan akhirnya tak cukup karena jumlah manusia yang kian banyak dan tindakan manusia yang merusak alam.     
Pengetahuan bahwa aktivitas manusia kerap kali menimbulkan kerusakan alam juga terdapat dalam isi buku ini. Ada cerita ironi tentang salah satu "paru-paru dunia", yaitu kebakaran hutan di Indonesia dan kehadiran Protokol Kyoto sebagai cikal bakal kesepakatan antarnegara mengenai pengurangan emisi karbon.     
Buku ini menjadi semakin lengkap karena ditutup dengan informasi mengenai langkah-langkah yang bisa kita lakukan untuk menghambat pemanasan global. Beberapa saran itu di antaranya sudah mulai populer di masyarakat, seperti membiasakan diri bersepeda ke kantor (bike to work) atau mengurangi pemakaian AC.

Sumber:
Naskah= digilib-ampl.net
Buku= Kompas, 21 Mei 2008

Tidak ada komentar:

Posting Komentar